pengaruh suhu terhadap penimbangan

12 Dec

lingkup kalibrasi massa yang diatur dalam oiml r111 atau npl mensyaratkan pada saat melaksanakan kalibrasi harus pada suhu 20+-1 derajat celcius untuk kelas e2 atau f1, dan untuk kelas diatas itu dapat dilihat dalam tabel. pernahkah anda mencoba melakukan penimbangan atau kalibrasi diatas suhu yang dipersyaratkan! atau terjadi listrik drop sehingga pendingin udara tidak dapat bekerja dengan normal?

kejadian ini sempat saya alami, ketika itu saya mengkalibrasi sebuah timbangan f1 dengan daya maksimum 200 gr menggunakan anak timbangan kelas e2. pada saat penimbangan full scale untuk melihat error dan linearity suhu masih ok sehingga penimbangan tetap ok. tanpa diduga listrik padam. karena pada saat penimbangan siang hari maka masih jelas terlihat angkanya. karena saya anggap penurunan suhu tidak ekstrim saya coba lanjutkan, ternyata hasilnya angka berkurang dan pada saat non weight diatas pan penimbangan menjadi minus.

kejadian ini membuat saya penasaran sehingga saya putuskan untuk melakukan penimbangan menggunakan timbangan m1 dengan ketelitian yang lebih besar, kejadian serupa terulang hasil menjadi out of range. ada beberapa analisa mengenai pengaruh suhu terhadap penimbangan, yaitu pegas menjadi memuai sehingga kondisi penekan cell beban berkurang . akibat dari ketinggian bertambah tersebut maka beban akan terbaca berkurang dan ketika pan tanpa beban maka hasilnya akan minus karena tekanan yang berkurang. sedikit analisa saya bukan sebagai referensi namun berbagi pengalaman mengkalibrasi di laboratorium.

kesmpulannya bagi rekan2 yang melakukan penimbangan sebaiknya menimbang di range suhu yang telah ditentukan oleh oiml atau npl, karena range tersebut saya yakini sebagai bagian dari nilai benar yang ditemukan berdasarkan pengalaman dan penelitian para ahli, suhu sangat berpengaruh terhadap penimbangan.

Leave a Reply

